Detail Cantuman Kembali

XML

Makna Bentuk Stupa Candi Borobudur


Pembahasan tentang makna bentuk stupa Candi Borobudur tersebut menghasilkan beberapa hal penting. Suatu keunikan Candi Borobudur adalah banyak terdapat stupa. Stupa-stupa dalam bentuk 3 dimensi yang terdapat pada pagar langkan bagian atas, stupa pada teras bundar serta stupa pusat. Selian itu terdapat stupa pada relief, stupika serta stupa pada tablet tanah liat. Pada temuan stupika terdapat gambar stupa gendong seperti yang terdapat pada Candi Sewu, serta pada perwara Candi Lumbung.

Stupa-stupa di atas pagar langkan secara visual terkesan sama, perbedaannya terletak pada ukuran diameter dan tinggi sehingga stupa-stupa tersebut kelihatan tambun atau lebih kecil. Stupa-stupa ini secara otomatis berfungsi sebagai puncak bangunan. Selain itu penulis berasumsi bahwa stupa-stupa tersebut memiliki makna simbolis untuk mensucikan bangunan tersebut sebagai tempat suci umat Budha, serta untuk mensucikan para pengunjung dari segala mala (kotoran) yang melekat (sudamala)

Perbedaan antara stupa-stupa teras 1 dan teras 2 yang berpola belah ketupat, kemudian stupa-stupa teras 3 berpola bujur sangkar menunjukkan adanya perubahan gerakan dari keadaan tidak seimbang menuju keadaan yang seimbang atau ke arah kesempurnaan. Dengan demikian
HERAWATHI, Ni Wayan - Personal Name
Slamet - Personal Name
Suprijono - Personal Name
LS 930.1 HER m
930.1
LAPORAN STUDI
Indonesia
Bagian Proyek Pemanfaatan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Candi borobudur
2002
Magelang
iv, 90hlm; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...