Detail Cantuman Kembali

XML

Laporan Studi Pola Drainase Di Halaman Candi Borobudur


Dari hasil serangkaian analisis data yang telah dilakukan terhadap pola drainase di halaman Candi Borobudur dapat disimpulkan sebgai berikut :
1. Pola drainase di halaman candi khususnya saluran air lama (asli) dengan sedikit perbaikan pada bordes sisi selatan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor yang lain sudah cukup memadai untuk mengalirkan air limpasan dari undang, selasar, dan halaman sekeliling candi. Kemampuan linier kapasistas sistem drainase tersebut telah mencapai di atas 130% kecuali di sisi selatan yang masih 80,58% (lihat tabel 4.4). Perbaikan yang harus dilakukan pada bordes sisi selatan adalah memperbesar kemiringan bordes tersebut dari 0.003% menjadi minimal 0,50%, agar kemampuan linier pengaliran airnya menyamai ketiga sisi lainnya.
2. Sebagian permukaan tanah halaman di sekeliling candi telah mengalami degradasi di bagian tengah, yang disebabkan antara lain oleh tingginya frekwensi lintasan pengunjung dalam waktu yang lama dan kendaraan dalam rangka pemeliharaan candi. Permukaan tanah halaman menjadi tidak rata dan menyebabkan pola aliran air limpasan menjadi tidak beraturan, seperti adanya air limpasan yang mengalir melalui bangian tengah saluran, genangan air dan becek pada saat musim penghujan. Oleh karena itu, permukaan tanah halaman di sekeliling candi tersebut perlu ditata ulang agar aliran air limpasan seragam mengalir ke saluran air disekitarnya secara merata ke semua bagian saluran air.
3. Halaman di sebelah barat laut candi yang merupakan area rekreasi dan sering dipergunakan sebagai tempat parkir kendaraan para tamu penting/tamu negara belumdilengkapi dengan saluran air. Kondisi permukaan tanahnya tidak rata dan kemiringannya tidak beraturan menyebabkan pola aliran air limpasan di kawasan ini tidak beraturan pula dan terdapar genangan air serta becek pada saat musim penghujan.

Untuk mendukung fungsi kawasan tersebut, maka di lokasi itu perlu dibuat suatu pola drainase untuk mengalirkan air limpasan agar kondisi tanah permukaan selalu dalam keadaan kering.
Tukidjan - Personal Name
Muhsidi - Personal Name
Sarman - Personal Name
LS 627.5 TUK l
627.5
LAPORAN STUDI
Indonesia
Balai Studi dan Konservasi Borobudur
2003
Magelang
vii, 46 hlm; 28 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...